Cara Membuat Roti Ban Coklat

7 Langkah Sukses Cara Membuat Roti Ban Coklat

Bahan Dalam Cara Membuat Roti Ban Coklat :

  • ¼ Kg Gula Pasir Halus.
  • Tepung Terigu 2 Ons.
  • Coklat ¼ Sendok Teh Atau Secukupnya.
  • Tepung Maizena 100 Gram.
  • Blue Band ¼ Kg Yang Dicairkan.
  • Pelembut Kue.
  • Telur 6 Butir.
  • Susu Bubuk 4 Sendok Makan.
  • Spoon Kick ½ Sendok Makan (Sp) Atau Secukupnya.

 

Langkah Dan Cara Membuat Roti Ban Coklat :

  1. Langkah pertama membuat roti ban yaitu mengocok bahan seperti vanili, gula, telur dan sp hingga putih (kaku).
  2. Lalu masukan juga bahan lain yaitu susu, tepung terigu, dan tepung maizena, kemudian kocok lagi adonan dan tambahkan mentega perlahan sedikit demi sedikit. Setelah itu kocok terus hingga semuanya tercampur dengan rata.
  3. Lanjut mengolesi cetakan atau loyang roti ban dengan mentega cair, hal ini bertujuan agar nantinya adonan tidak lengket pada loyang.
  4. Kemudian adonan di masukkan ke dalam loyang dan di oven selama kurang lebih 25 menit atau hingga terlihat matang kecoklatan.
  5. Untuk mengetahui matang atau tidaknya roti ban, tusuk roti menggunakan jarum, apabila masih ada adonan yang lengket, itu berarti roti ban belum matang, begitupun juga sebaliknya kalau tidak lengket berarti roti sudah matang.
  6. Langkah terakhir mengolah roti ban adalah menghias roti ban sesuai selera anda masing-masing, kemudian iris iris roti ban tersebut
  7. Roti ban coklat sudah siap disajikan atau dikemas dengan Mesin Pengemas.

Kamu juga bisa membuat Es Krim menggunakan Mesin Es Krim dengan bahan kreasi dari Roti Ban Coklat.

Cara Membuat Roti Ban Coklat

 

Tips Dalam Cara Membuat Roti Ban Yang Lembut :

1. Gunakan Bahan Bread Improver Dan Bread Emulsifier

Jika menggunakan bahan Bread Improver dan Bread emulsifier hanya sebagai alternatif saja. Apabila tidak menggunakannya, roti tetap bisa mengembang, tapi hasilnya akan beda tekstur kekokohannya dan tidak terlalu sempurna mengembangnya.

Aku sendiri selama membuat roti hanya menggunakan Bread Improver dan belum pernah menggunakan Bread Emulsifier dan hasilnya roti tetap empuk, yang penting adonannya sudah kalis.

 

2. Hindari Menuang Bahan Cair

Sebaiknya hindari menuang bahan cair sekaligus saat membuat adonan roti, lebih baik tuangkan sedikit-sedikit dahulu sampai tahapan adonan yang diinginkan tercapai.

Jadi lebih baik amati dulu tiap tahap penuangan bahan cair, kalau memang adonan masih terlihat seret dan kering barulah tambahkan lagi sedikit demi sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *